Erick Thohir Sebut Reaktivitas Jalur Kereta Api Cibatu-Garut Berdampak Positif

Menteri BUMN, Erick Thohir Menteri BUMN, Erick Thohir
Dadali: Dalam seminar yang dilakukan secara daring, Menteri BUMN Erick Thohir menyebut reaktivitas jalur kereta api Cibatu-Garut memberikan dampak ekonomi yang luas bagi masyarakat. Salah satunya pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) lokal pada stasiun.

"Reaktivitas jalur kereta Cibatu-Garut harus diapresiasi sebab kebangkitannya akan membawa dampak bagi masyarakat lebih luas," ujar Erick dilansir dari Antara, Selasa, 29 Maret 2022.

Selain pengembangan UMKM, jalur kereta api Cibatu-Garut yang baru diresmikan kembali setelah berhenti operasi selama 40 tahun ini juga memberikan dampak lain.  Di antaranya perjalanan kereta yang terjamin kemanannya dengan BUMN PT Kereta Api Indonesia, pembukaan lapangan kerja, pemulihan kawasan wisata sepanjang jalur kereta, pengangkutan massal yang dapat tersambung sampai jalur kereta Jakarta. Hingga intergrasi moda lainnya yang dapat disambungkan dengan jalur kereta cepat.

Erick menambahkan potensi pembangunan infrastruktur terus diupayakan. Ia mengaskan pembangunan ini bukan hanya tentang jalan atau ruang, namun yang terpenting konekvitas dan kesempatan yang sama bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Dia turut berpesan kepada PT KAI agar dapat terus melakukan sosialisasi pilihan angkutan orang dan barang menggunakan kereta Cibatu-Garut. Serta memastikan proses dari reaktivasinya.

"Termasuk disiplin waktu dan jadwal hingga jaminan pelayanan yang aman, nyaman dan terjangkau untuk masyarakat sebagai upaya mewujudkan Indonesia yang merdeka dan berdaulat," kata Erick.

(UWA)

Berita Terkait