131 Rumah di Garut Rusak Diterjang Puting Beliung

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Garut Satria Budi (kedua kanan) meninjau langsung kondisi pemukiman rumah warga yang diterjang angin puting beliung di Kecamatan Garut Kota, Minggu (3/4/2022). ANTARA/HO-BPBD Garut Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Garut Satria Budi (kedua kanan) meninjau langsung kondisi pemukiman rumah warga yang diterjang angin puting beliung di Kecamatan Garut Kota, Minggu (3/4/2022). ANTARA/HO-BPBD Garut

Dadali: bencana angin puting beliung melanda Kabupaten Garut,Jawa Barat pada Sabtu dan Minggu, 2-3 April 2022. Akibat kejadian tersebut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut mencatat sebanyak 131 rumah warga mengalami kerusakan

"Data semuanya ada 131 rumah yang rusak, itu di wilayah perkotaan di tujuh RW Kelurahan Ciwalen," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Garut Satria Budi di Garut, Senin, 4 April 2022.
 
Dirinya menjelaskan tingkat kerusakan rumah akibat puting beliung yang menerjang Kecamatan Garut Kota itu berbeda-beda, kebanyakan kerusakan ringan seperti beberapa genting yang terlepas dan atapnya rusak.
 
"Ada dua rumah warga yang rusak berat, karena rumahnya sudah tua akibat beban genting atau struktur bangunan sudah tidak kuat akhirnya roboh," lanjur Satria.

Beruntung peristiwa tersebut tidak menimbulkan korban jiwa. Saat terjadi terjangan angin banyaka kejadian warga berupaya menyelamatkan diri ke tempat yang lebih aman dari terjangan angin kencang.
 
"Ada yang evakuasi mandiri, tinggal di rumah tetangganya, tapi tidak lama, malamnya sudah beres menutup atap dengan terpal, atau dengan sisa genting," ujar Satria.



(UWA)