Sambut Pemilu 2024, Pemkot Bandung Siapkan Anggaran Sebesar 100 Miliar

Plt WaliKota Bandung Yana Mulyana. (Foto: Medcom.id/Roni) Plt WaliKota Bandung Yana Mulyana. (Foto: Medcom.id/Roni)

Dadali: Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menyiapkan  anggaran  sebesar Rp100 miliar untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Angka tersebut sesuai yang diajukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung.

Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, mengatakan tugas dari Pemkot Bandung memastikan pesta demokrasi berjalan maksimal. Alokasi anggaran disiapkan secara bertahap melalui anggaran murni dari APBD Kota Bandung 2023 dan 2024.
 
"KPU sudah mengajukan, nah memang kita lakukan penganggarannya di dua termin. Jadi kita anggarkan dari kebutuhan KPU itu sekitar Rp100 miliar, kemungkinan kita anggarkan dulu Rp30 miliar di tahun 2023. Itu murni dari APBD (Kota Bandung)," ujar Yana, dilansir dari Medcom.id, Senin, 7 Maret 2024.

Dirinya menambahkan pencairan anggaran tersebut dilakukan lebih besar pada 2024 nanti karena sesuai dengan kebutuhan KPU. Anggaran tersebut digunakan paling besar untuk honor para petugas Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemilihan Suara (PPS) dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).
 
"Karena pasti kebutuhan besarnya di 2024 itu untuk honor honor PPK, PPS dan lain-lain ya," kata Yana
 
Selain itu, Yana pun memastikan anggaran untuk Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Bandung sebesar Rp65 miliar. Pencairan anggaran untuk Bawaslu pun sama halnya dengan KPU dilakukan dua tahap pada 2023 dan 2024.
 

"Bawaslu sekitar Rp65 miliar. Sama, dua kali penganggarannya. Kita lakukan pada 2023 supaya enggan berat, jadi 2023 sudah kita anggarkan, Insya Allah aman," lanjut Yana.



(UWA)

Berita Terkait