Belum Maksimal, Pemkab Bekasi Terus Lakukan Vaksinasi Lansia

Ilustrasi: Medcom.id Ilustrasi: Medcom.id

Dadali: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi, Jawa Barat, terus menggencarkan kegiatan vaksinasi covid-19 dosis ketiga bagi warga lanjut usia (lansia).  Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi Sri Enny Mainiarti menyebut vaksinasi kelompok usia tersebut belum maksimal.

Berdasarkan data capaian vaksinasi covid-19 per 1 Maret 2022, vaksinasi dosis booster untuk kelompok lansia baru menjangkau 5.395 jiwa. Padahal, total sasaran yang ditetapkan 135.535 orang.
 
"Skema vaksinasi khusus lansia ini yang dimaksimalkan, sekarang kami mencari mereka untuk divaksinasi meski telah tersedia di seluruh fasilitas kesehatan," ujar Sri dilansir dari Medcom.id, Rabu, 2 Maret 2022.
 

Dirinya menambahkan telah menginstruksikan tenaga kesehatan yang bertugas di 46 puskesmas untuk terus mencari lansia yang belum menerima vaksinasi covid-19 dosis pertama hingga ketiga. Pihaknya bekerja sama dengan aparat TNI-Polri, berbagai instansi pemerintahan, swasta, hingga sejumlah elemen masyarakat.
 
"Semua sudah dan terus bergerak menyusuri hingga pelosok wilayah, dari pintu ke pintu mencari lansia yang belum divaksinasi," ucapnya.

Pihaknya juga terus mengikuti perkembangan pembaruan instruksi dari pemerintah pusat mengenai syarat penerima vaksinasi covid-19 dosis penguat atau booster.
 
"Otomatis kalau banyak lansia yang sudah divaksin dosis kesatu dan kedua, akan mendongkrak capaian vaksinasi dosis ketiga. Karena instruksi vaksinasi dosis ketiga juga terus diperbarui," kata Sri.
 
Vaksinasi covid-19 dosis pertama kelompok lansia di Kabupaten Bekasi sudah mencapai 102.955 jiwa atau setara 75,96 persen. Sedangkan dosis kedua telah menjangkau 82.255 atau 60,69 persen.
 


(UWA)