7 Cara Hilangkan Bau Apek pada Pakaian Tanpa Dicuci Ulang

Ilustrasi: Freepik Ilustrasi: Freepik

Jakarta: Bau apek pada pakaian kerap mengganggu aktivitas sehari-hari. Terlebih saat musim hujan. Kurangnya paparan sinar matahari membuat pakaian belum kering seutuhnya.

Tak sedikit yang mencuci ulang pakaiannya untuk menghilangkan bau apek. Namun, kegiatan mencuci ulang membutuhkan waktu yang tidak sebentar, apalagi jika Anda sedang terburu-buru.

Untungnya, masalah ini bisa diatasi dengan mudah. Dirangkum dari 99.co, berikut tujuh cara menghilangkan bau apek pada pakaian tanpa perlu mencuci ulang:

 

1. Koran

Cara menghilangkan bau apek baju tanpa dicuci pertama adalah dengan menggunakan koran. Langkah yang satu ini konon bisa membuat baju menjadi kering kembali dengan waktu empat jam.

Caranya, ambil koran dan tempelkan ke area lengan baju, ketiak, atau kaki pakaian yang mengeluarkan bau apek. Pori-pori pada kertas koran akan menyerap air dan bau yang menempel dan membuat pakaian Anda kembali wangi.

2. Menjemur kembali baju

Penyebab bau apek menempel pada baju adalah karena pakaian tersebut tidak kering secara sempurna. Untuk itu, cara termudah untuk menghilangkan bau adalah dengan menjemur kembali pakaian milik Anda.

Caranya cukup mudah. Gantung baju di tempat jemuran dan biarkan angin serta panas matahari mengeringkan pakaian tersebut. Perpaduan udara dan sinar matahari dapat membersihkan kembali pakaian sekaligus membunuh bakteri yang menempel di baju.

3. Bubuk kopi

Bubuk kopi menjadi cara menghilangkan bau apek baju tanpa dicuci ulang. Langkah yang satu ini cukup mudah untuk kamu lakukan dan bisa ampuh mengembalikan wangi pada baju di pagi hari.

Caranya adalah dengan mengisi sebuah mangkuk dengan ampas kopi yang segar dan belum pernah digunakan sebelumnya. Kemudian, simpan mangkuk tersebut di lemari tertutup dan biarkan semalaman.

4. Baking soda

Untuk kamu yang membutuhkan waktu sekejap dalam menghilangkan bau apek, cara yang satu ini bisa kamu coba. Gunakan baking soda untuk menghilangkan bau pada pakaianmu dalam waktu sekejap.

Setelah didiamkan beberapa saat, kibaskan bubuk soda kue dari pakaian milikmu. Soda kue akan bertindak sebagai spons kecil yang akan menyerap minyak dan bau tubuh dari baju, sehingga membuat pakaian menjadi lebih segar.

5. Cuka putih suling

Cara menghilangkan bau apek baju tanpa dicuci selanjutnya adalah dengan menggunakan cuka putih suling. Campurkan cuka putih suling dengan 10 tetes minyak esensial dalam sebuah botol semprot.

Kocok botol sampai cairannya bercampur dengan sempurna dan semprotkan di area yang berbau. Cuka akan membunuh 98 persen bakteri pada pakaian, sedangkan minyak esensial akan menutupi bau cuka dari pakaian.

6. Parfum

Hal berikutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan parfum. Siapkan kapas dan semprot kapas tersebut menggunakan parfum yang wangi.

Taruh potongan kapas yang telah disemprotkan parfum ke sudut-sudut lemari yang berisi pakaian bau apek. Tunggu semalaman dan pakaianmu akan menjadi wangi serta tidak lagi mengeluarkan bau apek.

7. Potpourri

Potpourri adalah campuran rempah-rempah dan kelopak bunga kering yang bisa membuat ruangan menjadi lebih wangi. Tak hanya membuat ruangan wangi, potpourri juga bisa menjadi cara untuk menghilangkan bau apek pada baju tanpa harus dicuci, lo!

Caranya adalah dengan menyimpan potpourri di dalam mangkuk atau kantong kasa dan letakkan di lemari. Jika wangi sudah berkurang, kamu bisa mengaduk kembali rempah agar potpourri tetap segar.



(UWA)

Berita Terkait